Biaya adalah salah satu yang paling sering jadi pertimbangan orang untuk ke psikolog atau psikiater: takut mahal.

Which is correct. Some therapists and psychiatrists could be expensive. So I’m gonna share my own expenses experiences regarding my past visits. Semua yang gue tulis di bawah adalah untuk konsultasi tatap muka, jadi bukan via chat atau online ya. Also, I’m currently using BPJS for my appointment with my psychiatrist so I will share about it too on #MHJ 5 (or you can click here to read it).


Tahun 2017-2018 di Semarang, psikolog gue itu tarif konsultasinya Rp150,000,- per jam. Beliau praktek di rumahnya sendiri yang super nyaman, gue pas dateng dikasih lembaran tes psikologi awal, disediain minum air kemasan, dan disiapkan tisu 1 box untuk ngapus air mata karena gue ternyata beneran nangis kejer di sana. Kalau mau kontaknya bisa tanya gue lewat DM aja karena I’m not sure at this point whether she wants me to mention her personal practice or her current employment place.

Kalau di Bogor, ada jasa psikolog klinis di Biro Psikologi Existensi, lokasinya di Paledang, deket Stasiun Bogor. Biaya konselingnya Rp350,000,- untuk 1 jam pertama dan Rp100,000,- untuk tiap tambahan jam berikutnya. Tapi kalau setelah konsultasi pertama/ kedua ternyata psikolognya memang melihat kita butuh tes kepribadian atau terapi lebih lanjut, itu masing-masing harganya Rp500,000,- per paket/ sesi.


Sekarang untuk tarif konsultasi ke psikiater.

Untuk yang di Jakarta dan punya budget upper-high, gue bisa saranin ke Klinik Angsamerah. Ini klinik sangat-sangat direkomendasikan karena sudah punya branding super non-judgmental towards anyone under any flag or color of the rainbow. Gue pribadi ga pernah ke psikiaternya sih, tapi kalau vaksin dan cek-cek berkenaan tentang sexual health emang gue udah langganan di sana. Harga terupdate sekarang untuk psikiater mulai Rp650,000,- per 45 menit, tapi belum termasuk biaya administrasi awal sebesar Rp100,000,-.

Selain itu, seperti yang gue udah mention di blogpost #MHJ 2. Bertemu Psikolog dan Psikiater yang Tidak Judgemental, gue saranin untuk cari dokter Sp.KJ lewat aplikasi Alodokter. Di sana range harganya beneran jelas dan bervariasi. Rata-rata dimulai dari Rp150,000,- sampai ada yang Rp500,000,- per visit (hitungannya bukan per jam seperti di psikolog yaa, karena jarang banget konsultasi di Sp.KJ sampai sejam, gue pun rata-rata ketemu dokter cuma 20 menitan), tergantung lokasi praktek (baik kota maupun rumah sakitnya) serta jumlah tahun pengalaman dari si dokternya.

(klik untuk melihat gambar penuh)

Perlu diingat bahwa harga yang tercantum di Alodokter ini baru biaya si dokternya aja, jadi sampai sana nanti mungkin masih ada biaya administrasi rumah sakit untuk pasien baru, dan ditambah biaya obat kalau memang sampai diresepin obat.

Mahal-murahnya biaya konsultasi dokter juga tidak menjamin kecocokan. Semua dokter Sp.KJ itu baik, dan pasti mau yang terbaik untuk pasiennya. Jadi tinggal kita aja yang ngerasa sreg atau cocoknya sama dokter yang mana. Jadi, jangan langsung kecil hati kalau dapat pengalaman pertama yang kurang mengenakkan tentang dokternya. Mungkin emang belum ketemu yang pas dan emang harus coba ke dokter yang lain.

Sekali lagi, kalau mau tau prosedur pakai BPJS untuk rujukan ke Sp.KJ sesuai pengalaman gue, silakan bisa dibaca di blogpost #MHJ 5.

Thanks for reading.

Youtube link if you want to hear me reading this plus some more: https://youtu.be/2ozjhG1ZzrQ.
Or if you want the full playlist of me reading the rest of the #MHJ series: https://www.youtube.com/playlist?list=PLtrlm279mx_cPz–DJa1YzO8y1CjuaHuz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *